cara mengatasi printer epson blinking

Reset ink level Epson L210 – It is Time to reset ink Level

Diposting pada

Reset ink level Epson L210 – Cara mengatasi Printer Epson “it is time to reset ink levels” pada tipe L210, L300, L350, L200, L800, L220 bisa anda lakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara manual dan dengan menggunakan software.

Printer Epson merupakan printer yang banyak digunakan oleh banyak kalangan, dibandingkan dengan printer-printer merek lainya.

Selain mudah digunakan, printer epson mudah dalam perawatanya. dan dikalangan perkantoran, printer Epson menjadi primadona pada saat ini.

Dalam penggunaanya, printer epson mampu mencetak banyak dokumen sekaligus. akan tetapi tentunya membutuhkan tinta yang banyak juga.

Baca Juga : Cara Remot Komputer dan Android Dari Jarak Jauh Menggunakan TeamViewer

Agar tinta printer lebih hemat, maka printer harus di rombak agar tinta printer tidak cepat habis.

Cara ini sebenarnya tidak ada di prosedur perawatan dan penggunaan printer Epson. Akan tetapi Cara ini harus digunakan karena jika cara ini tidak dilakukan biaya untuk pembelian catride akan membengkak.

Cara membuat tinta printer tidak cepat habis

Agar tinta printer tidak cepat habis, yang harus kita lakukan adalah menambahkan sebuah tabung tinta. dimana tabung yang berisi tinta printer yang kemudian di suntikan ke dalam catride.

tabung infus printer

Trik printer tabung infus banyak di lakukan oleh para teknisi printer, gunanya untuk menghemat biaya tinta yang harganya cukup mahal.

Dengan menggunakan tabung infus, kita bisa membeli jenis tinta yang harganya lebih murah dibandingkan dengan tinta yang aslinya.

Memang kualitasnya jauh berberda dengan tinta asli. tapi untuk menekan biaya produksi, biasanya di kantor-kantor menggunakan alat tabung infus ini.

Perawatan dan Penggunaan Printer Tabung Infus

Dalam menggunakan printer yang telah di pasang tabung infus, perlu diperhatikan beberapa teknik agar catridge awet dan tidak gampang kering.

  • Pada saat mencetak atau print buka penutup tabung infus. ini dimaksudkan agar ada udara yang masuk sehingga tinta dapat mengalir secara optimal
  • Diharuskan mencetak setiap hari minimal 10 lembar. ini dimaksudkan agar tinta yang ada di catridge tidak kering.

Selain permasalahan diatas, pada printer Epson dikenal dengan istilah Blinking (tombol power berkedip). atau pesan error It is Time to reset ink Level.

Jika printer mengalami masalah blinking seperti diatas, maka printer biasanya tidak bisa digunakan sama sekali. tombol power berkedip terus menerus dan tidak bisa digunakan.

Cara mengatasi printer Epson blinking atau muncul pesan error It is Time to reset ink Level, dapat anda lakukan dengan dua cara yaitu dengan cara manual dan dengan cara menggunakan software.

Cara reset ink level Epson L210, L300, L350, L200, L800, L220 dengan manual

Untuk mengatasi printer Epson tipe L210, L300, L350, L200, L800, L220 anda bisa melakukanya dengan cara manual. disini saya akan berikan 2 cara reset manual printer epson tipe L210, L300, L350, L200, L800, L220.

Cara 1 Reset Epson tipe L210, L300, L350, L200, L800, L220

langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Nyalakan printer Epson dengan cara menekan tombol power, dan tunggu hingga booting selesai.
  • Tekan dan tahan pada tombol Resume yang sedang berkedip selama 5 detik, kemudian lepaskan, lalu dengan cepat tekan tombol resume tadi tapi jangan ditahan.
  • Tunggu beberapa saat, biasanya catridge printer bergerak atau loading. Biarkan sampai printer berhenti. Selesai, dan printer bisa anda gunakan kembali.

Cara 2 Reset Epson tipe L210, L300, L350, L200, L800, L220

Apabila cara 1 diatas masih juga tidak berhasil, printer masih berkedip-kedip. maka lakukan cara ke 2 ikutin cara dibawah ini.

  • Pastikan printer dalam keadaan OFF, akan tetapi kabel power printer masih dalam keadaan terhubung dengan listrik.
  • Tekan dan tahan Tombol Reset dan Power secara bersamaan selama 15 detik.
  • Tekan tombol reset cepat 1 kali.
  • Berahasil printer sudah bisa anda gunakan kembali.

Cara reset ink level Epson L210, L300, L350, L200, L800, L220 dengan Software

Cara reset printer Epson dengan menggunakan software merupakan cara alternatif kedua jika di reset denga manual tetap gagal, maka cara ini wajib anda lakukan.

Cara Reset Ink Level Epson dengan Software

Download terlebih dahulu software untuk reset printer Epson Disini https://www.mediafire.com/file/2rtgaswqt434n3j/Epson_L110-L210-L300-L350-L355__key-scene.zip/file

Extract file zip hasil download, dan kemudian jalankan aplikasinya lihat gambar dibawah ini

reset printer epson dengan software

Pada menu window pilih printer Epson yang akan di reset, klik OK

reset printer epson

Selanjutnya pada pilihan menu list pilih Waste Ink Pad Counter

Kemudian pada window waste ink pad counter beri centang pada Main Pad Counter dan kemudian klik Check

reset print epson

Tunggu proses penghitungan total penggunaan printer, setelah muncul total penggunaan printer. kemudian centang pada main pad Counter lagi dan klik Initialization.

Jika proses reset printer epson berhasil maka akan muncul window notifikasi untuk mematikan tombol power printer.

reset printer epson dengan sofware

Matikan printer kemudian hidupkan kembali printer. Selesai dan anda bisa menggunakan untuk mencetak dokumen lagi.

Demikianlah tadi tips cara reset Printer Epson tipe L210, L300, L350, L200, L800, L220. Ada baiknya anda mencoba terlebih dahulu sebelum membawa ke tempat service Printer.

Cara ini bisa menghemat pengeluaran anda ketika printer dalam masalah seperti diatas.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini, agar bisa bermanfaat buat orang banyak. dan semoga yang membagikan akan mendapatkan pahala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *