RUMUS EXCEL MENCARI HARI LAHIR DAN WETON

Rumus mencari hari lahir dan weton di Excel

Diposting pada

Rumus mencari hari lahir dan weton di Excel – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara mencari hari lahir dan weton dengan menggunakan Microsoft Excel.

Bagi anda orang jawa khususnya, hari lahir weton merupakan hari sakral yang harus selalu kita ingat, dimana weton merupakan hari yang sangat penting bagi orang jawa.

Weton atau hari pasaran sendiri memiliki 5 hari yaitu Kliwon, Legi, Pahing, Pon dan wage. Berbeda dengan hari hari biasa seperti Hari Senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, Sabtu dan minggu.

Hari pasaran sangat berbeda dengan hari nasional, akan tetapi biasanya untuk mengingat lahir kita menggabungkan antara hari biasa dan hari pasaran. Contohnya, lahir pada Minggu kliwon.

Hari pasaran atau Weton biasanya di gunakan untuk kepercayaan adat jawa, semisal pernikahan, membuka usaha, sunatan, puasa weton, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Membuat Rumus GRADE NILAI Menggunakan Fungsi IF

Menurut kepercayaan adat jawa, weton atau hari lahir pasaran itu sangatlah penting untuk diingat, karena hari weton sering digunakan ketika kita mempunyai hajat.

Biasanya seorang paranormal jawa, jika ingin menentukan hari yang bagus atau tepat, misal hari yang tepat untuk membuka usaha menggunakan weton yang akan membuka usaha.

jadi weton atau hari pasaran sangatlah penting.

Baiklah kembali pembahasan, saya akan bagikan cara mencari hari pasaran dengan menggunakan rumus Excel.

Rumus excel mencari hari lahir atau weton

Untuk membuat rumus weton atau hari pasaran di Excel, anda gunakan saja dengan rumus MOD(mencari nilai sisa pembagian) jadi membagi jumlah hari nasional dan hari pasaran, dan dikombinasikan dengan rumus VLookup dengan data-data nama hari yang ditentukan.

Langkah pertama yang harus disiapkan yaitu membuat tabel di excel pada sheet 1, dengan mengisi nama hari dan hari pasaran jawa.

tabel hari pasaran jawa

selanjutnya blok atau drag ketiga kolom diatas dan kemudian pada namebox ganti nama dengan PASARAN. lihat gambar dibawah ini.

merubah namebox di excel

kemudian tekan Enter setelah anda mangganti namebox nya.

Langkah berikutnya buka di sheet2 kemudian buatlah seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya pada kolom G tepatnya di sebelah hari pasaran ketikan rumus =VLOOKUP(MOD(E6,7),PASARAN,2)&” “&VLOOKUP(MOD(E6,5),PASARAN,3).

Penjelasan rumus:

E6 = baris kolom untuk memasukan tanggal bulan dan tahun lahir
7 = jumlah hari nasional ada 7 ( minggu, senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu)
PASARAN = Data yang dibuat pada sheet1 yang merupakan databasenya.
2 = angka 2 jangan di rubah karena ini rumus untuk pembagian nama hari.
3 = angak 3 jangan dirubah karena ini rumus untuk mencari hari pasaran.
Nb.
– pada rumus diatas menggunakan koma ( , ) apabila terjadi error silahkan ganti dengan titik koma ( ; ). ini disebabkan seting region pada komputer anda.
– untuk penulisan tanggal lahir, gunakan format English contohnya lahir tanggal 12 bulan 03 tahun 1990 maka cara penuliasanya 03/12/1990. format penulisanya bulan/tanggal/tahun.

setelah anda mengetik rumus diatas, selanjutnya tekan enter pada keyboard. jika ada peringatan klik YES.

lihat hasilnya dan kalian bisa mencoba ketik tanggal bulan dan tahun anda maka nanti akan muncul nama hari dan hari pasaran.

mengetahui hari pasaran dengan excel

Untuk hasilnya sendiri dengan menggunakan aplikasi cek hari pasaran dengan excel tepat banget.

Jika anda kurang yakin silahkan cek hari pasaran anda di aplikasi di internet. hasilnya sama.

Silahkan di coba untuk melihat hasilnya, jika ada masalah atau error silahkan komentar, nanti akan saya bantu.

Baca juga : Cara Membuat Rumus Lulus Tidak Lulus Siswa dengan Excel

itulah tadi tutorial cara mengetahui hari pasaran dengan menggunakan aplikasi microsoft excel, tentunya menggunakan rumus mencari hari pasaran.

Semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *