Cara mudah kuliah online dengan whatsapp

Cara Mudah Kuliah Online Dengan WhatsApp

Diposting pada

Cara Mudah Kuliah Online Dengan WhatsApp – Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara membuat kuliah online dengan menggunakan media Aplikasi WhatsApp.

Jadi yang mana kita ketahui Aplikasi WhatsApp ini sangat familiar sekali bagi kalangan pengguna internet.

Yang mana pengguna Aplikasi WhatsApp ini banyak di gunakan oleh banyak kalangan.

Hampir semua kalangan masyarakat khususnya indonesia, media komunikasi banyak sekali yang menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Selain mudah penggunaanya, Dengan Aplikasi WhatsApp kita bisa lebih sedikit hemat biaya dibandingkan dengan komunikasi menggunakan operator seluler.

Semisal dalam berkomunikasi kita menggunakan panggilan Telepon, setiap menitnya kita akan mengeluarkan banyak biaya.

Sedangkan WhatsApp sendiri sekarang ini sudah dilengkapi beberapa fitur yang sangat modern antara lain:

  • Bisa melakukan panggilan suara Telepon dengan biaya yang sangat murah
  • Bisa melakukan panggilan Video (Video Call) dengan kualitas gambar yang jernih(Tergantung Signal internet)
  • Bisa mengirimkan Pesan Suara, Pesan Teks, Pesan Gambar dan juga Stiker.
  • Dan lain-lain.

Untuk sekarang ini, dikalangan kampus atau sekolahan semua siswa/mahasiswa dan juga Guru/Dosen sudah pastinya semuanya menggunakan Aplikasi WhatsApp.

Nah untuk memanfaatkan Teknologi sekarang ini, Aplikasi WhatsApp bisa menjadi Alternatif buat kalangan sekolahan maupun universitas untuk melakukan sistem pembelajaran Online.

Baca Juga : Cara Mengajar ONLINE (live streaming) Menggunakan Aplikasi ZOOM

Dengan kita menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan interaktif, kita bisa memanfaatkan WhatsApp ini sebagai media dalam pembelajaran Online.

Karena mengingat tuntutan industri 4.0 kita harus interaktif dengan era digital yang sekarang ini sedang berkembang.

Persiapan dan Persaratan Guru/Dosen untuk Pembelajaran online menggunakan WhatsApp

Adapun persyaratan atau persiapan yang harus dilakukan oleh Guru/Dosen antara lain:

  • Group WhatsApp – Tentunya kita sebagai Guru/Dosen kita harus menjadi admin dari Group WhatsApp ini, dan kita undang Siswa/Mahasiswa untuk bergabung di Group WhatsApp ini.
  • Gunakan WhatsApp di Komputer – Kita akan lebih mudah mengakses WhatsApp menggunakan komputer dibandingkan menggunakan HP, mulai dari mengetik, komen, Upload dan lain-lain.
  • Gunakan Headset – Dengan menggunakan headset kita bisa dengan jelas mendengarkan suara dari Audience, karena nantinya Absensi menggunakan Suara.
  • Materi Kuliah – Jadi sebelum kita melakukan pembelajaran online kita harus siapkan dulu materi kuliah yang akan kita sampaikan. Materi yang kita siapkan bisa berupa Slide PPT, Video, atau Diketik langsung.
  • SOP/Aturan – Kita berikan aturan untuk peserta kuliah agar perkuliahan online berjalan lebih tertata dan nyaman.
  • Absensi Manual – Siapkan absensi manual untuk mencatat kehadiran siswa/mahasiswa.

Persyaratan Dan Persiapan Siswa/Mahasiswa Untuk Mengikuti Pembelajaran Online Menggunakan WhatsApp

Sebagai Siswa/Mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran online menggunakan aplikasi WhatsApp harus mengikuti persyaratan yang sudah ditentukan yaitu:

  • Tergabung Dalam Group WhatsApp -Sebelum mengikuti pembelajaran online, Siswa/Mahasiswa wajib bergabung dengan group WhatsApp yang telah di sarankan oleh Guru/Dosen.
  • Megikuti SOP/Aturan dari Guru/Dosen – Bagi siswa/mahasiswa wajib mengikuti aturan yang telah di tetapkan oleh Guru/Dosen.
  • Paket Data Internet/Wifi – Pastinya bagi siswa/mahasiswa untuk mengikuti pelajaran online harus memiliki data internet ataupun Wifi agar bisa bergabung dalam kelas online tersebut.

Memulai Pembelajaran Online Di Aplikasi WhatsApp

Untuk memulai pembelajaran online dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda harus terlebih dahulu membuat group WhatsApp misal TIK6-LOKAL-B.

Setelah anda sudah membuat Group WhatsApp, Buatlah aturan atau SOP agar nantinya pembelajaran online ini berjalan dengan rapih dan nyaman baik bagi Guru/Dosen atau Siswa/Mahasiswa.

Contoh SOP untuk pembelajaran online yang kita buat adalah sebagai berikut:

Besok Belajar Online dengan menggunakan Group WhatsApp ini, Kita mulai dari jam 8.15 Dengan Ketentuan Sebagai berikut:

  • Absensi lewat suara mulai jam 8.15 sudah menyatakan hadir dan tidak boleh terlambat. Absen ditunggu 10 menit, lewat dari jam 8.25, dilarang mengambil absen, dan dinyatakan Alpha.
  • Lokasi Anda belajar terserah dimana saja.
  • Sesi pelajaran diperkirakan 60 menit.
  • Materi akan disampaikan setelah absen, Berupa Video.
  • Siapkan Catatan dan fokus pada pelajaran.
  • Ditengah pelajaran, Saya akan menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan. jadi jangan sampai tidak standby di Hpnya masing-masing.
  • Di akhiri sesi materi ada exercise.

Itu tadi contoh SOP yang harus di ikuti oleh audience dan tidak boleh dilanggar. misal dari SOP diatas Absen lewat suara ini bertujuan agar tidak ada kecurangan oleh siswa/ mahasiswa dalam mengambil absen.

Dengan menggunakan metode absen suara maka siswa/mahasiswa tidak bisa diwakilkan oleh temanya, maka dari itu siswa wajib absen dan jika tidak absen dengan suara siswa/mahasiswa dinyatakan Alpha.

Contoh lagi pada ‘SOP menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan, itu dimaksudkan untuk mengecek apakah audience aktif atau hanya sekedar absen saja lalu ditinggal tidur atau entah kemana.

Jika Siswa/mahasiswa sudah mengambil absen yang sudah ditentukan waktunya, selanjutnya kita sebagai pengajar wajib mencatat manual siswa/mahasiswa yang sudah absen.

Penyampaian Materi

Anda bisa memulai pelajaran dengan membuat pembukaan berupa Pesan suara atau pun Text sesuai kebutuhan anda.

Dalam penyampaian materi saya sarankan untuk membuat Video dan kemudian Upload di youtube sebelum anda membagikan video anda ke group.

Menyimpan Video di youtube akan meringankan siswa/mahasiswa jadi tidak perlu mendowload file video yang anda bagikan, jadi cukup tonton saja.

Penyampaian materi dengan menggunakan video akan lebih mudah di pahami dari pada menggunakan teks ataupun pesan suara.

Berikan waktu kepada audience untuk mengulang video agar bisa paham dan mengerti dari materi yang diajarkan melalui video.

Misal kita beri waktu 20 menit untuk memahami isi materi yang ada di dalam video.

Setelah waktu untuk pemahaman materi selesai, berikan waktu 10 menit untuk diskusi, misalkan ada yang kurang paham tentang isi video bisa dipertanyakan ke dosen/guru.

Setelah waktu sesi diskusi selesai, kemudian masuk ke dalam sesi tanya jawab, dimana Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dengan secara acak.

Di sesi tanya jawab ini kita bisa mengetahui Siswa/mahasiswa yang standby di HP dalam mengikuti pembelajaran online ini.

Misalkan ketika kita panggil namanya dan kita beri pertanyaan, kemudian tidak ada respon, berarti siswa tersebut tidak standby dalam mengikuti pelajaran.

Jadi dari sesi tanya jawab kita bisa mengetahui siswa yang aktif atau tidak aktif yang mengikuti pelajaran yang kita berikan.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, untuk menutup pelajaran, lakukan absen lagi kepada siswa untuk mengetahui apakah siswa benar-benar mengikuti pelajaran hingga akhir.

Jangan lupa untuk melakukan absensi, gunakan media suara agar tidak terjadi kecurangan dalam absensi.

Penutup

Mungkin sampai disini tutorial cara membuat kuliah / belajar online menggunakan aplikasi WhatsApp.

Apabila ada yang kurang paham, Silahkan berkomentar di bawah. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel cara membuat kuliah online via whatsapp ini ke teman atau saudara yang membutuhkan.

Semoga bermanfaat dan silahkan mencobanya guna keperluan belajar mengajar secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *