Tutorial Lengkap Cara Beli Token Listrik Dengan Aplikasi Dana

Diposting pada
Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

key-science.com – Cara mudah untuk melakukan pembayaran listrik tanpa ribet dan tidak perlu antri yaitu menggunakan aplikasi smartphone android DANA. Aplikasi DANA dapat kita download di google play atau yang sering disebut play store. Aplikasi ini Gratis dan anda dengan mudah bisa menggunakanya.

Didalam aplikasi DANA ada banyak fitur-fitur salah satunya yaitu pembayaran listrik Token pulsa dan pembayaran tagihan listrik.

Cara membeli token pulsa listrik di aplikasi Dana sangatlah mudah. Anda bisa menyelesaikan dengan beberapa langkah saja dan tidak ribet.

Yang Anda perlukan untuk melakukan pembayaran listrik Token maupun Tagihan rekening melalui aplikasi DANA adalah nomor ID pelanggan listrik.

Dengan menggunakan nomor ID pelanggan listrik, Anda bisa langsung melakukan transaksi pembelian Token listrik ataupun Tagihan listrik dengan aplikasi DANA.

Untuk pembayaran Token Listrik ada pilihan nominal minimum Rp. 20.000 dan Maximum Rp. 5.000.000 ( lima juta rupiah )

Dan Untuk Pembayaran Listrik Pascabayar atau Rekening listrik, tergantung berapa daya yang kita gunakan dalam waktu sebulan terakhir. ketika ID pelanggan dimasukan maka akan otomatis tertera berapa jumlah yang harus kita bayar.

Untuk transaksi pembelian token listrik, setelah melakukan pembayaran akan mendapatkan kode voucher berjumlah 20 digit angka. yang nantinya kode voucher token tersebut di input ke meteran listrik.

Riwayat transaksi pembelian token pulsan listrik dapat anda lihat kembali di menu Riwayat di bagian bawah aplikasi Dana.

Sebelum anda melakukan transaksi, pastikan anda melakukan Top Up Saldo Dana dahulu. Pastikan saldo dana anda mencukupi untuk pembelian atau pembayaran Token listrik ( Prabayar atau Pascabayar)

Untuk melakukan Top Up saldo dana anda bisa memilih beberapa cara diantaranya, Anda bisa melakukan Top Up melalui Alfamart, Indomart, BRI link, Mbanking, ATM.

Nah buat Anda yang gak ingin ribet melakukan pembelian dan pembayaran listrik, Anda bisa menggunakan aplikasi DANA untuk mempermudah pembayaran listrik anda.

Cara Melakukan Pembayaran Listrik Menggunakan Aplikasi Dana

langkah yang pertama yang harus dilakukan adalah anda harus mendownload aplikasi DANA di play store terlebih dahulu.

Setelah anda mendownload dan menginstall aplikasi DANA di Smartphone anda lakukan Registrasi terlebih dahulu.

Agar anda bisa Top Up dengan saldo yang banyak anda di sarankan untuk mendaftarkan versi premium. Untuk mendapatkan versi premium anda harus melakukan registrasi menggunakan KTP yang masih berlaku dan photo wajah.

Setelah akun anda disetujui, lakukan top up. Anda bisa melakukan Top Up melalui Alfamart, Indomart, ATM, Mbanking.

Berikut Cara melakukan Transaksi pembelian dan pembayaran listrik prabayar dan pascabayar.

Pembelian Listrik Prabayar

  1. Buka aplikasi DANA dan pilih menu Listri ( electricity )
Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

2. Selanjutnya pilih menu tab Prepaid ( Prabayar )

Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

3. Kemudian isikan ID pelanggan pada kolom Costumer No. maka secara otomatis jika ID anda benar nama pelanggan akan muncul sesuai nama dari yang punya ID tersebut

Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

4. Kemudian pilih berapa nominal yang anda ingin beli untuk token PLN anda. nilai minimum dari 20.000 sampai dengan nilai maximum 5.000.000.

5. Selanjutnya periksa kembali apakah benar jumlah pembelian dan no ID sudah benar.

Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

7. Selanjutnya klik bayar untuk melakukan pembayaran, dan jika order berhasil anda akan mendapatkan kode voucher 20 digit yang nantinya anda masukan kedalam meteran listrik

Aplikasi Dana
Aplikasi Dana

Pembelian token listrik berhasil catat dan masukan kedalam meteran listrik. Apabila ternyata aplikasi Dana menutup dan kode voucher belum dimasukan. Anda bisa membuka kembali di menu Transaksi di bagian bawah aplikasi. disitu semua riwayat transaksi tersimpan.

Pembayaran Listrik Pascabayar

Untuk melakukan Pembayaran listrik pascabayar atau biasa disebut tagihan listrik, sebenarnya sama dengan pembayaran listrik prabayar.

Akan tetapi ada perbedaan pada point 2 dari pembahasan pembayaran listrik pascabayar. Anda tinggal menggantinya di menu tab Postpaid ( Pascabayar ) dan selanjutnya memasukan ID pelanggan PLN maka tagihan pembayaran akan muncul sesuai dengan penggunaan Daya listrik yang anda pakai.

Selanjutnya proses pembayaranya sama dengan pembayaran listrik pascabayar.

Mudah bukan? Melakukan transaksi pembayaran listrik menggunakan aplikasi DANA.

Dengan perkembangnya teknologi, kita dipermudah untuk melakukan pembayaran listrik tanpa kita datang ke loket pembayaran listrik dan antri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *