memperpendek url

Cara membuat link google form menjadi bit.ly

Diposting pada

Cara membuat link google form menjadi bit.ly -Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya agar Alamat Url dari tidak terlalu panjang, menarik dan dapat kita edit sesuka hati kita.

Misalkan contohnya bit.ly/PaijoPayah, nah dari alamat bit.ly tersebut didalamnya tersimpan alamat Url kita yang di pendekan dengan menggunakan pemendek Url yaitu bit.ly.

Jadi dengan menggunakan bit.ly tersebut link Url terlihat asik, dan mudah di ingat oleh siswa, dan tidak terlalu panjang alamatnya Url nya.

Proses kerja dari bit.ly yaitu memperpendek link google form atau Url kita dan menjadikanya pendek, dengan tujuan agar bisa dengan mudah untuk diingat dan juga alamat menjadi ringkas.

Baca Juga : Cara Membuat Quiz Online Google Form di Blogspot dan WordPress

Jika ingin memperpendek link google form dengan menggunakan bit.ly, anda akan terkena tarif yaitu Rp. 0 alias Gratis. jadi dengan menggunakan fasilitas bit.ly ini kita bisa memperpendek link secara gratis.

Langsung saja kita bahas cara memperpendek link menggunakan bit.ly untuk memperpendek alamat google form kita.

Pertama yang harus disiapkan adalah email anda, bisa anda menggunakan gmail, yahoo dan email lainya.

kedua yang harus kita siapkan yaitu alamat link addres dari google form soal ujian ataupun quiz yang telah kita buat sebelumnya.

Pergi dan daftarkan email anda ke https://bitly.com. setelah email anda terdaftar silahkan login menggunakan email anda.

Maka anda akan diahadapkan pada area Dashboard bit.ly. untuk mengkompres Url Klik Create dan pilih Link.

cara memeperpendek url

Selanjutnya pada bagian kanan layar akan muncul tab window, dimana proses penkompresan url di lakukan.

Anda bisa membuat alamat sendiri melalui bitly.com ini misalkan Paijo.ly, akan tetapi anda akan dikenakan tarif untuk membeli domain tersebut.

Jika anda ingin membeli domain sendiri klik pada bit.ly maka akan muncul Add Domain. Lalu klik Add domain tersebut, dan anda kan di bawa ke halaman pendaftaran domain.

tambahkan domain sendiri

setelah anda masuk ke halaman Add a Domain, maka anda akan disunguhkan dengan berbagai pilihan menu dan tarif untuk mengupgrade domain anda. lihat gambar dibawah.

Fitur bit.ly premium

Baiklah balik lagi ke pokok masalah, yaitu , kita gunakan yang gratisan saja dengan menggunakan bit.ly.

Pertama Copy link Url anda kemudian paste pada kotak Paste Long URL kemudian biarkan sejenak akan otomatis meng create atau jika tidak sabar menunggu klik Create.

memendekan link

Selanjutnya kita akan mendapatkan Url pendek yang kita bisa langsung gunakan. atau kita bisa edit ulang Url yang pendek tadi.

Secara default link url yang telah di pendekan tadi akan merandom kata dan huruf sebagai url kita. akan tetapi bisa kita perpendek url tersebut agar lebih praktis dan mudah di ingat.

Perhatikan gambar sebelum di edit

perpendek url

Sesudah diedit akan seperti gambar di bawah ini

costum url

Setelah selesai klik tombol Save dan kemudian klik Copy untuk menyalin url. kemudian bagikan url tersebut ke masing-masing siswa.

Penutup

Demikianlah tadi tutorial cara memperpendek link google form dengan menggunakan bit.ly.

Semoga ini bisa menjadi referensi buat para guru/dosen dalam pembelajaran di google form untuk memendekan url.

Baca Juga artikel lainya seputar google form :

dan jangan lupa bagikan di media sosial agar teman-teman juga bisa memperpendek link google form dengan bit.ly secara gratis.

1 komentar

  1. Good post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon every day.

    It’s always helpful to read articles from other authors and practice a little something from their websites.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *